Pahami Ini Terlebih Dahulu Sebelum Memilih Asuransi

Semua pasti sepakat bahwa memiliki asuransi sangat penting, terutama asuransi kesehatan seperti Roojai.co.id asuransi di Indonesia. Pasalnya, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Bisa saja ada kejadian tidak terduga dan mengharuskan mendapatkan perawatan di rumah sakit. Padahal, saat ini biaya rumah sakit bisa dibilang cukup tinggi mengingat alat-alatnya juga sudah canggih.

Namun, ketika memilih asuransi pun juga tidak boleh sembarangan. Tanpa pertimbangan yang matang, hal ini akan menjadi pisau bermata dua dan malah membebani keuangan pribadi. Oleh karena itu, silakan simak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan manfaat secara maksimal serta tidak perlu khawatir akan hal-hal di masa mendatang.

Tips Memilih Asuransi yang Tepat

Minta penjelasan produk pada agen

Apabila benar-benar belum memiliki cukup pengetahuan, tidak ada salahnya untuk meminta penjelasan produk kepada agen. Tanyakan mengenai syarat, ketentuan, serta benefit yang bisa didapatkan. Cara seperti ini akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan pilihan terbaik. Meskipun semua itu biasanya telah terdapat pada buku polis, namun meminta penjelasan pada agen akan memperlengkap informasi tersebut.

Akan tetapi, karena biasanya agen memiliki target tersendiri, ada kemungkinan dia tidak akan bersifat netral dan terus memberikan berbagai iming-iming. Jadi, jika merasa kurang nyaman serta ingin meminta informasi lebih objektif, Anda dapat menghubungi pihak customer service penyedia asuransi ataupun bertanya kepada orang lain yang tidak memiliki keterikatan dengan agensi tersebut.

Beli sesuai kebutuhan

Ada beberapa kasus di mana orang bergabung hanya karena merasa tidak enak dengan agen maupun asal mendaftar saja. Padahal, seperti kita ketahui ada cukup banyak jenis asuransi tergantung kebutuhannya. Oleh karena itu, penting sekali memahami jenis-jenis tersebut sebelum membeli karena Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, apakah guna jaminan keselamatan diri, kendaraan, atau lainnya.

Kesalahan yang masih kerap terjadi adalah banyak orang menganggap semua produk itu sama sehingga menyebabkan asal pilih. Padahal, bisa jadi jenis produk dipilih memiliki premi cukup besar, sementara fungsinya tidak sesuai kebutuhan. Apabila dilihat dari sudut pandang keuangan, tentu saja ini merupakan sebuah kesalahan fatal.

Meminta ilustrasi produk

Terkadang cukup sulit membayangkan bagaimana produk tersebut akan memberikan jaminan. Jadi, setelah memutuskan jenis sesuai kebutuhan, cobalah meminta ilustrasi produk kepada agen maupun layanan beserta bagaimana cara kerja produk tersebut. Jika ingin mendapatkan saran dari pihak netral, coba tanyakan pada teman ataupun saudara yang pernah menggunakan produk tersebut sebelumnya.

Bagi pemula mungkin akan sedikit membutuhkan waktu dalam memahaminya. Namun, jangan khawatir karena langkah ini memang harus dilakukan dan tidak masalah jika membutuhkan waktu lama. Hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan harus salah pilih produk.

Meminta skema pertanggungan

Selain ilustrasi produk, Anda juga perlu mengetahui skema pertanggungan setidaknya untuk 3 hingga 5 tahun ke depan. Periode ini memang cukup penting mengingat masa-masa awal menggunakan asuransi akan cukup mengubah kondisi keuangan sehingga perlu penyesuaian. Dengan skema tersebut, Anda akan merasa lebih siap serta mampu menyusun perencanaan keuangan jauh lebih matang.

Sesuaikan dengan budget

Budgeting atau manajemen keuangan sangat penting dilakukan, baik itu ketika belanja bulanan maupun membeli asuransi. Pasalnya, pengguna harus membayar premi setiap bulan. Tentu saja kondisi tersebut akan sedikit berpengaruh pada pengeluaran bulanan. Jika tidak melakukan budgeting dengan baik, maka dalam beberapa tahun ke depan justru malah akan timbul masalah keuangan baru.

Normalnya, alokasi uang untuk asuransi adalah 10%. Apabila premi berada di atas angka tersebut, ada kemungkinan kondisi ini dapat mempengaruhi pengeluaran bulanan. Jadi, sangat penting menanyakan terlebih dahulu kepada agen ataupun customer service terkait jenis layanan yang akan dipilih. Pastikan premi tersebut tidak lebih dari 10% total pendapatan bulanan.

Setelah memahami dan menerapkan kelima tips di atas, Anda akan bisa mendapatkan asuransi terbaik sesuai kebutuhan tanpa terhalang budget. Apabila masih bingung memilih agensi yang terpercaya, Roojai bisa menjadi salah satu pilihan tepat karena memang sudah terbukti kualitasnya. Informasi lebih lanjut dapat diakses di Roojai.co.id asuransi di Indonesia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.