Cache: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Menggunakan Caching

Apabila Anda membicarakan urusan akses internet, apalagi yang berkaitan dengan Managed Service Provider, Anda akan mendengar istilah cache. Boleh jadi Anda sudah pernah mendengar tentang cache atau caching namun Anda tidak tahu itu apa. Nah, Anda tahu usah khawatir, karena artikel ini akan menjelaskan tentang cache itu.

Pengertian Cache dan Caching

Meskipun kedua kata tersebut tampak sama, namun mereka memiliki arti yang berlainan. Cache ialah sekumpulan data atau memori yang berukuran sangat kecil, tetapi jumlahnya sangat banyak.

Ketika Anda mengakses suatu laman internet, browser yang Anda pakai akan mengirimkan ratusan hingga ribuan permintaan akses data pada laman tersebut. Caching adalah proses dimana beratus-ratus cache tersebut menghitung data yang tersedia dalam laman internet tersebut untuk menemukan data permintaan browser.

Dari proses tersebut, cache dapat menyimpan data-data dari laman yang Anda kunjungi sehingga nanti aksesnya bisa lebih cepat. Berikut adalah fungsi-fungsi cache dan proses caching:

  • Mempercepat akses data yang browser Anda lakukan.
  • Meringankan beban kerja processor komputer agar tak cepat panas.
  • Membuat performa RAM komputer menjadi lebih efisien.

Macam-Macam Jenis Cache

Cache terbagi ke dalam dua jenis, tergantung dari siapa yang menggunakan internet dan data yang dia minta. Kedua jenis caching adalah sebagai berikut:

1. Client-Side

Client-side caching adalah suatu proses pengunduhan dan penyimpanan file dari internet ke dalam komputer pribadi si pengguna internet. Proses ini menggunakan fitur bernama browser cache. Browser cache ini dapat membantu browser internet untuk mengurangi waktu pengolahan dan transmisi data saat Anda mengunjungi sebuah website.

2. Server-Side

Sistem server di internet juga dapat menggunakan caching. Contohnya seperti database cache yang berisi data dari laman internet, atau object cache yang berisi dokumen teks dan video.

Manfaat Menggunakan Caching

Kendati memori-memori yang terpakai saat Anda mengunjungi sebuah laman internet terbilang kecil dan mudah terhapus, ternyata mereka sangatlah berguna. Manfaat-manfaat dari menggunakan proses caching adalah sebagai berikut:

1. Mempercepat Proses Data

Saat Anda baru pertama kali mengunjungi suatu website, waktu loading laman tersebut seringkali terasa lama. Dengan caching, apabila Anda kembali lagi ke laman yang sama, data yang tersimpan dalam cache akan mempercepat waktu loading laman.

2. Meringankan Performa komputer

Semakin banyak informasi yang terdapat dalam suatu website, maka semakin banyak pula daya yang komputer keluarkan untuk mengolahnya. Hal ini dapat berakibat komputer mengalami overheating yang bisa merusak processor komputer. Memori dalam cache dapat membantu komputer untuk lebih efisien saat melakukan loading laman.

Dan itulah artikel bertemakan cache, jenis-jenisnya, serta manfaat dari fitur caching. Bagaimana, apakah Anda tetap akan menggunakan fitur tersebut atau Anda mau menghapusnya? Semoga informasinya bermanfaat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.